daftar-ukm-indonesia
tribun-bisnis

Esok Pendaftaran PPDB SMP Jalur Zona Wilayah Kawasan, Sistemnya Siapa Cepat Dia Dapat Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Esok Pendaftaran PPDB SMP Jalur Zona Wilayah Kawasan, Sistemnya Siapa Cepat Dia Dapat

Esok Pendaftaran PPDB SMP Jalur Zona Wilayah Kawasan, Sistemnya Siapa Cepat Dia Dapat    Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Esok Pendaftaran PPDB SMP Jalur Zona Wilayah Kawasan, Sistemnya Siapa Cepat Dia Dapat
Jumat (28/6/2019) merupakan pelaksanaan pendaftaran PPDB SMP jalur zona wilayah kawasan di Kota Denpasar.

Pendaftaran ini dilaksanakan selama dua hari hingga Sabtu (29/6/2019).

Untuk tanggal 28 Juni 2019, pendaftaran dimulai pukul 17.00 - 24.00 Wita, sedangkan Sabtu, 29 Juni 2019 dilaksanakan pukul 08.00 - 14.00 Wita.

Pendaftaran online PPDB SMP jalur zona wilayah kawasan di Kota Denpasar diundur sehari setelah sebelumnya dijadwalkan pada Kamis (27/6/2019) pukul 08.00 - 14.00 Wita.

Selain itu pendaftaran yang awalnya dilaksanakan selama tiga hari yakni Kamis - Sabtu, 27 - 29 Juni 2019 dipangkas menjadi dua hari yakni tanggal 28 - 29 Juni 2019.

Terkait pengunduran pendaftaran ini, Kepala Disdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan mengatakan hal ini terkait dengan dilaksanakannya verifikasi faktual dengan jalan turun ke lapangan.

"Sesuai dokumen yang diserahkan siswa saat verifikasi administrasi untuk dapat token ada pernyataan misal untuk domisili apabila pernyataan yang dibuat tidak sesuai kenyataan saya bersedia dituntut sesuai peraturan perundang-undangan yag berlaku. Demikian siswa miskin siap tidak sesuai fakta yang ada saya siap dikeluarkan dari sekolah yang berangkutan," kata Gunawan.
Sebagai bukti pertanggungjawaban tersebut, maka dilakukan verifikasi faktual.

Verifikasi ini akan dilakukan oleh tim yang diketuai oleh Kepala Desa yang mewilayahi sekolah tersebut.

Verifikasi faktual ini dimulai Rabu (26/6/2019) pukul 11.00 - 17.00 Wita, serta Kamis (27/6/2019) pukul 08.00 - 15.00 Wita.

Pengumuman verifikasi faktual dilaksanakan Jumat (28/6/2019) pukul 10.00 Wita di https://denpasar.siap-ppdb. com atau di sekolah tujuan.

Korelasi pengunduran dengan verifikasi ini yakni jika ada yang tidak sesuai kenyataan dan tereliminasi bisa ikut mendaftar pada jalur zona kewilayahan.

"Siapa tahu ada yang tereliminasi kan bisa masuk jalur kawasan karena pelaksanaan verifikasi faktual ini sampai besok," katanya.

Jalur zona wilayah dalam PPDB SMP di Kota Denpasar menggunakan sistem cepet-cepetan alias siapa yang paling cepat mendaftar ia yang akan mendapatkan sekolah sesuai kuota masing-masing sekolah.

Untuk jalur ini siswa bisa mendaftar maksimal di tiga sekolah sesuai wilayah masing-masing yang telah dibagi oleh Disdikpora.

Bagi yang tak lolos pada jalur zona jarak terdekat bisa mendaftar pada jalur zona wilayah kawasan menggunakan token yang didapat saat verifikasi di awal.

Sehingga dalam proses pendaftaran ini diperlukan kecepatan si pendaftar alias sekolah ditentukan kecepatan ujung jari.

 

Terkait hal tersebut, Manager Goverment Interprice Service Wilayah Telkom Denpasar, Setiaji mengtakan sistem PPDB ini mampu melayani pendaftar sebanyak 4 juta pendaftar perdetik.

 

“Sistem kami ini bisa melakukan transaction per second itu 4 juta akses,” kata Setiaji saat konferensi pers terkait pendaftaran PPDB hari pertama yang kacau, pada Selasa (25/6/2019) di ruang wartawan Pemkot Denpasar.

Sementara untuk sistem keamanan pihaknya sudah menggunakan Secure Socket Layer (SSL) yang merupakan lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih.

Juga menggunakan https saat akses website denpasar.siap-ppdb.com, dimana server utamanya berada di Jakarta.

 

Sementara secara sertifikasi pihaknya mengaku telah mengantongi sertifikat internasional ISO 27001.

Pihaknya juga mengaku telah menangani sistem pendaftaran PPDB ini selama 5 tahun, dan tahun ini telah melayani 70 kabupaten/kota di Indonesia.

Sementara itu, terkait penghitungan waktu pendaftaran, sistem yang digunakan ini juga akan mampu menghitung hingga millisecond.

Sehingga perbedaan waktu pendaftaran antara siswa satu dengan siswa yang lainnya dihitung hingga millisecond.

“Kami yakin pada pendaftaran jalur zonasi tak akan ada masalah. Yang kemarin masalahnya kan ada perbedaan koordinat sekolah antara di sistem dengan kenyataan,” katanya. (*)



Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Esok Pendaftaran PPDB SMP Jalur Zona Wilayah Kawasan, Sistemnya Siapa Cepat Dia Dapat!, https://bali.tribunnews.com/2019/06/27/esok-pendaftaran-ppdb-smp-jalur-zona-wilayah-kawasan-sistemnya-siapa-cepat-dia-dapat?page=3.
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti





Gilimanuk dot Com blog informasi sekitar gilimanuk, nasional dan internasional. Pokoknya informasi menarik kita posting untuk di baca-baca sembari mampir ke gilimanuk.

Post Terkait